03 April, 2013

Mudahnya Membuat MPI dengan Flash


Tidak dipungkiri lagi multimedia sudah menjadi “booming” di dunia pendidikan. Lomba-lomba pembuatan multimedia banyak diadakan baik oleh lembaga pemerintah maupun swasta. Salah satu software yang menjadi favorit dalam pembuatan multimedia pembelajaran adalah Macromedia Flash. Untuk itu penulis ingin berbagi sedikit ilmu tentang pemnbuatan MPI dengan Macromedia Flash. Meskipun sudah keluar versi flash yang terbaru, penulis masih setia menggunakan Macromedia Flash 8. Meskipun tutorial ini menggunakan Flash 8 sebenarnya Anda pun dapat menggunakan versi-versi yang terbaru. Tutorial berikut akan membahas pembuatan hal-hal yang sering dibutuhkan dalam pembuatan MPI.
Dalam artikel ini saya akan mendeskripsikan MPI yang filenya (lengkap dengan source) bisa didownload secara gratis, tutorial secara detail juga saya sertakan didalamnya. Berikut deskripsi MPI dalam artikel ini:
1. Opening
Opening merupakan suatu hal yang penting dalam MPI, sebagai penarik perhatian dan pengantar sebelum masuk ke halaman utama. Opening dalam artikel ini berbentuk Movie Clip berupa animasi tulisan Welcome
2. Home
Home harus dibuat menarik karena disinilah halaman yang paling sering dilihat oleh pengguna MPI, sebagai penarik perhatian dan pengantar sebelum masuk ke halaman utama.
Pada halaman ini terdapat: background, judul, logo, animasi bandul, jam dan tanggal, serta rangkaian menu yang terdiri dari: tombol home, info, keluar, kurikulum, materi, latihan, evaluasi dan musik.
3. Contoh Animasi
Berisi animasi untuk dalam pembelajaran matematika untuk menentukan sudut antara garis dan bidang.
4. Contoh Simulasi
Berupa simulasi mobil bergerak dengan kecepatan yang dapat diatur, dengan jarak tetap, sehingga akan diperoleh wakru tempuhnya.
5. Contoh Area Gambar
Berupa area gambar seperti pada aplikasi “Paint”. Disini kita dapat menggambar dengan memilih warna yang kita kehendaki kemudian kita gambar seperti menggunakan pensil warna.

6. Latihan dengan Jawaban Singkat
Merupakan latihan, dimana pengguna dapat mengisi jawaban secara interaktif kemudian dapat mengecek jawabannya apakah sudah benar atau belum.
Previewnya dapat dilihat disini
7. Latihan dengan Menjodohkan
Merupakan latihan, dimana pengguna dapat menjodohkan jawaban dengan drag and drop kemudian dapat mengecek jawabannya apakah sudah benar atau belum. Previewnya dapat dilihat disini
8. Latihan Pilihan Ganda
Merupakan latihan, berbentuk soal pilihan ganda pengguna dapat memilih jawaban secara interaktif kemudian dapat mengecek jawabannya apakah sudah benar atau belum. Previewnya dapat dilihat disini
9. Evaluasi Pilihan Ganda
Merupakan evaluasi berbentuk soal pilihan ganda pengguna dapat memilih jawaban secara interaktif kemudian dapat mengecek jawabannya apakah sudah benar atau belum. Soal dalam evaluasi keluar secara acak, dibatasi oleh waktu dan setelah selesai akan memperoleh umpan balik.
Demikian deskripsi dari design MPI yang penulis buat, bagi yang tertarik dapat mendownload file beserta sourcenya di sini. Semoga bermanfaat


3 comments:

Iwan Sumantri said...

asmkm...bos mantap nih artikel2 nya...aku ingin belajar flash nih..gimana caranya...punya modulnya..kalau ngga keberatan kirim ke emailku : iwansmtri@gmail.com

Nur Rokhman said...

Makasih pak Iwan. Kalau modul di google sudah banyak sekali tinggal pilih

heri said...

boleh kenal lebih lanjut program-program ini pak, terima kasih sebelumnya heridediwijaya@gmail.com

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan beri komentar...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan